Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

android


Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.

Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).
Google Inc, Intel, T-Mobile, Sprint, HTC, Qualcomm, Motorola dan lain-lain telah berkolaborasi dalam pengembangan Android melalui Open Handset Alliance , sebuah aliansi multinasional pemimpin industri mobile dan teknologi. Aliansi ini bertujuan mendorong inovasi pada perangkat mobile dan memberikan konsumen pengalaman yang jauh lebih baik daripada apa yang tersedia pada platform mobile saat ini.
Dengan pengembangan secara terbuka memungkinkan mereka untuk bekerja lebih kolaboratif, Android akan mempercepat layanan mobile dan menarik untuk konsumen.

Dengan hampir 3 miliar pengguna di seluruh dunia, telepon seluler telah menjadi perangkat komunikasi yang paling pribadi di mana-mana. Namun, kurangnya upaya kolaboratif telah membuatnya menjadi tantangan bagi para pengembang, operator nirkabel dan produsen handset untuk menanggapi secepat mungkin dengan kebutuhan yang selalu berubah dari konsumen mobile. Melalui Android, pengembang, operator nirkabel dan produsen handset akan lebih baik diposisikan untuk membawa ke pasar produk baru yang inovatif lebih cepat dan dengan biaya yang jauh lebih rendah. Hasil akhirnya akan menjadi platform mobile yang belum pernah terjadi sebelumnya yang akan memungkinkan operator nirkabel dan produsen untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan mereka lebih baik.

Tiga puluh empat perusahaan telah membentuk Open Handset Alliance , yang bertujuan untuk mengembangkan teknologi secara signifikan yang akan menurunkan biaya pengembangan dan mendistribusikan perangkat mobile. Platform Android adalah langkah pertama dalam arah ini - ponsel terintegrasi "software stack" yang terdiri dari sistem operasi, middleware, interface yang user-friendly dan aplikasi. Aliansi telah merilis sebuah software development kit akses awal untuk memberikan pengembang alat yang diperlukan untuk membuat aplikasi inovatif dan menarik untuk platform.
sumber : http://wikipedia.org/
sumber : http://apariskandar.blogspot.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar